Profil

PROFIL KELURAHAN

Kelurahan Tanjung Uban Utara merupakan salah satu kelurahan yang terletak di dalam wilayah Kecamatan Bintan Utara Kabupaten Bintan Propinsi Kepulauan Riau. Dalam rangka penyeelenggaraan pemerintahan dan pembangunan guna melaksanakan Otonomi Daerah yang berdaya guna dan berhasil guna pada tingkat Kelurahan, maka disusunlah Struktur Organisasi dan Tata Kerja Kelurahan yang tercantum dalam Peraturan Daerah Kabupaten Bintan Nomor 10 Tahun 2008 Tanggal 13 Agustus 2008 tentang Pembentukan Organisasi Kecamatan dan Kelurahan.
 
 Untuk melaksanakan fungsi Struktur Organisasi Tata Kerja tersebut dalam melaksanakan tuganya Kelurahan Tanjung Uban Utara Kecamatan Bintan Utara Kabupaten Bintan melaksanakan azas pemusatan disuatu tingkat Pemerintahan atau disebut azas Desentralisasi, Dekonsentrasi maupun azas tugas untuk pembantuan dan keadilan sertamemperhatikan potensi dan keanekaragaman wilayah.
 
Untuk melaksanakan tugas tersebut, beban dan volume tuga Pemerintah Kelurahan semakin berat dimana Kelurahan merupakan pelayan terdepan dalam mewujudkan pelayanan optimal kepada masyarakat, pembangunan yang menyentuh semua lapisan masyarakat dan pemberdayaan yang mampu memotivasi masyarakat untuk bergerak maju kearah perubahan yang lebih baik. Dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah dan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah, karena banyak pelimpahan tugas dan wewenang dari Pemerintah Kecamatan dengan demikian Pemerintah Kelurahan mempunyai kedudukan strategis dalam usaha meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.
 
Berkaitan dengan hal tersebut diatas, Pemerintah Kelurahan Tanjung Uban Utara untuk Visi dan Misi mengacu kepada Visi dan Misi Kecamatan Bintan Utara karena semua Kelurahan yang ada di Kabupaten Bintan belum dibentuk dalam SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah).

BATAS WILAYAH

  • Sebelah Utara : Berbatasan dengan Laut Cina Selatan
  • Sebelah Selatan : Berbatasan dengan Kelurahan Tanjung Uban        Selatan
  • Sebelah Barat : Berbatasan dengan Kelurahan Tanjung Uban
  • Sebelah Timur : Berbatasan dengan Desa Sebong Pereh dan Desa Lancang Kuning

 LUAS WILAYAH

Luas wilayah Kelurahan Tanjung Uban Utara Kecamatan Bintan Utara Kabupaten Bintan secara keseluruhan adalah ± 454.558 Ha, yang terbagi dalam kawasan perumahan dan pemukiman penduduk, kawasan Wisata, kawasan Hutan Lindung  dan lainnya.

PETA TANJUNG UBAN UTARA

JUMLAH PENDUDUK

Jumlah Penduduk Kelurahan Tanjung Uban Utara berdasarkan Laporan Penduduk Bulan Desember 2019 berjumlah 5213 Jiwa terdiri dari Laki-Laki 2622 Jiwa dan Perempuan 2591 Jiwa dengan jumlah Kepala Keluarga sebanyak  1520 KK.

LEMBAGA KEMASYARAKATAN

Dalam menyelenggarakan tugas pemerintahan, Lurah mempunyai fungsi yaitu :

  1. Pelaksanaan kegiatan Pemerintah Kelurahan
  2. Pemberdayaan masyarakat
  3. Penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum
  4. Penyelenggaraan prasarana dan fasilitas pelayanan umum

Untuk membantu menjalankan fungsi kelurahan, maka Kelurahan Tanjung Uban Utara dibantu oleh Lembaga Kemasyarakatan, anatara lain :

  1. RUKUN TETANGGA (RT) dan RUKUN WARGA (RW)

           Kelurahan Tanjung Uban Utara terdiri dari 6 (Enam)  Rukun Warga ( RW )  dan 17 ( Tujuh belas )  Rukun Tetangga ( RT ) dengan daftar nama sebagai berikut :

2. TIM PENGGERAK PEMBERDAYAAN dan KESEJAHTERAAN KELUARGA (TP-PKK)

Adapun Struktur Organisasi TP PKK Kelurahan Tanjung Uban Utara terdiri atas :

3. LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (LPM)

Visi

Mewujudkan kelurahan Tanjung Uban Utara yang unggul, kompetitif dan berusaha menciptakan pelayanan yang efektif serta efisien bagi masyarakat

Misi

1. Mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat
2. Meningkatkan pelayanan melalui inovasi dan penyerapan teknologi terpadu
3. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan
4. Membudayakan pola hidup bersih dan sehat
5. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat
6. Menciptakan situasi yang aman, tertib dan kondusif