PENYALURAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI KABUPATEN BINTAN (BLT) DI KELURAHAN TANJUNG UBAN UTARA BERJALAN LANCAR

Dengan makin merebaknya penyebaran COVID 19, berdampak pada perekonomian dunia, tak terkecuali perekonomian masyarakat di Kabupaten Bintan khususnya di Tanjung Uban Utara. Efek yang disebabkan COVID 19 ini salah satunya adalah diberlakukan pemeriksaan kesehatan yang ketat dipelabuhan atau bandara, hal itu demi mencegah penyebaran COVID 19.

Salah satu efek yang ditimbulkan dengan diperketatnya jalur penyebrangan baik itu pelabuhan ataupun bandara adalah semakin sepinya kawasan pariwisata di Lagoi,   dan hal itu sangat berdampak pada perekonomian penduduk di Tanjung Uban Utara. Hal itu disebabkan karena banyaknya penduduk di Tanjung Uban Utara yang memiliki pekerjaan sebagai karyawan swasta di Kawasan pariwisata Lagoi.

Untuk menyikapi hal tersebut Pemerintah Kabupaten Bintan menyalurkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT), yang diharapkan dapat membantu dan meringankan kebutuhan hidup masyarakat di Kabupaten Bintan, seperti yang disampaikan oleh Bupati Bintan bapak H. Apri Sujadi, beliau mengatakan supaya warga tetap dirumah karena dana BLT akan langsung diantarkan kerumah-rumah warga penerima dana BLT, hal ini untuk menghindari terjadinya perkumpulan warga penerima dana BLT yang nantinya menjadi rentan terhadap penyebaan COVID 19, dan Bupati Bintan bapak H. Apri Sujadi mengharapkan dana BLT ini dapat membantu perekonomian warga di Kabupaten Bintan.

Dana BLT ini diberikan kepada warga selama tiga bulan, dan setiap bulannya sebesar Enamratus Ribu Rupiah. Cara penyalurannya dibagi menjadi dua tahap untuk tahap pertama warga menerima dana bantuan langsung diberikan selama dua bulan dua bulan yaitu sebesar Satujuta Duaratus Ribu Rupiah.

Untuk tahap kedua Pemerintah Kabupaten Bintan melakukan koordinasi Kembali untuk dilakukannya pendataan warga yang belum menerima dana BLT pada tahap pertama, sehingga untuk tahap kedua penyaluran dana BLT terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang sudah menerima dana BLT tahap pertama jumlah dana bantuan diberikan sebesar Enamratus Ribu Rupiah, yang merupakan sisa dana bantuan selama tiga bulan yang telah diberikan pada tahap pertama, dan kelompok kedua merupakan warga hasil pendataan susulan yang belum menerima dana bantuan tahap pertama dan akan langsung menerima dana bantuan selama tiga bulan sebesar Satujuta Delapanratus Ribu Rupiah.

Selain dana BLT yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Bintan, warga di Kabupaten Bintan juga menerima dana bantuan dari Pemerintah Pusat sebesar Enamrataus Ribu Rupiah selama tiga bulan, penyaluran dana BLT pusat sendiri disalurkan melalui PT. Pos Indonesia, dan Bank, dimana pihak PT. Pos Indonesia bekerja sama dengan Kelurahan dan RT setempat menyalurkan langsung kerumah-rumah warga penerima bantuan, untuk dana bantuan yang disalurkan melalui bank pihak Pemerintah Pusat langsung menyalurkan dana BLT ke rekening-rekening warga yang sudah terdaftar di Bank Indonesia (BI).

Selain itu Pemerintah Kabupaten Bintan memberikan tambahan dana bantuan sebesar Duaratus Ribu Rupiah kepada penerima BLT PKH, sehingga penerima bantuan PKH tetap mendapatkan jumlah bantuan yang sama dengan penerima dana bantuan yang disalurkan Pemerintah Kabupaten Bintan sebesar Enamratus Ribu Rupiah, sebelumnya penerima dana bantuan PKH hanya menerima Empatratus Ribu Rupiah.

Penyaluran dana BLT baik itu dari Pemerintah Kabupaten Bintan, BLT Pemerintah Pusat atau PKH, berjalan lancar sebagaimana disampaikan oleh Kasi Kesejahteraan Sosial di Kelurahan Tanjung Uban Utara bapak Rahmat Satari yang mengatakan bahwa penyaluran dana BLT untuk warga di Tanjung Uban Utara berjalan dengan lancar, hal itu karena pihak Kelurahan dibantu oleh RT masing-masing tempat baik itu dalam proses pendataan hingga proses penyaluran, dan beliau berharap dana BLT ini dapat membantu perekonomian warga.

Salah seorang warga di Tanjung Uban Utara bernama Salman menuturkan bahwa sangat berterima kasih sekali kepada Pemerintah Kabupaten Bintan khususnya kepada Bupati Bintan bapak H. Apri Sujadi, karena dana BLT ini akan sangat membantu perekonomian warga, dan juga kepada pihak Kelurahan Tanjung Uban Utara serta RT, RW di Tanjung Uban Utara sehingga proses penyaluran dana BLT baik tahap pertama maupun tahap kedua berjalan dengan lancar.

Berita Terkait