PASCA BANJIR KELURAHAN TANJUNG UBAN UTARA, FORUM RT/RW, BHABINKAMTIBMAS, PKK, KATAR, DAN LPM BESERTA WARGA DI KELURAHAN TANJUNG UBAN UTARA BERGOTONG ROYONG MEMBERSIHKAN LINGKUNGAN

Minggu 17 Januari 2021, pasca banjir Kelurahan Tanjung Uban Utara bersama Forum RT/RW, Bhabinkamtibmas, PKK, Katar, LPM beserta warga di Kelurahan Tanjung Uban Utara bergotong royong membersihkan lingkungan diseluruh wilayah di Tanjung Uban Utara, gotong royong ini dilakukan untuk membersihkan lingkungan akibat dampak banjir yang melanda diwilayah mereka, dan sebagai antisipasi munculnya curah hujan yang sama seperti yang terjadi pada tanggal 2,3 dan 10 Januari 2021 kemarin.

Saat ini bencana banjir memang masih melanda Indonesia, hampir di segala penjuru daerah di Indonesia terkena dampak banjir dan tanah longsor, hal itu disebabakan cuaca ekstrim dengan tingkat curah hujan yang cukup tinggi sedang melanda hampir diseluruh wilayah Indonesia, begitu juga yang dialami oleh warga di Tanjung Uban Utara.

Pada 2, 3 dan 10 Januari 2021 kemarin terdapat beberapa titik di Tanjung Uban Utara yang terdampak musibah banjir. Menurut pendataan yang dilakukan oleh pihak Kelurahan Tanjung Uban Utara, tercatat kurang lebih 37 rumah terendam banjir setinggi hampir 1 Meter, dan sebanyak 134 Jiwa yang terdampak banjir. Bencana banjir tersebut juga berakibat beberapa ruas jalan tidak bisa dilewati hingga air surut.

Hal inilah yang membuat pihak Kelurahan bersama mitra-mitra dan  warga berencana terus melakukan kegiatan rutin membersihkan lingkungan mereka agar bencana banjir seperti kemarin tidak terulang lagi. Seperti yang disampaikan oleh bapak Ahmad Qusnepi Matondang, selaku ketua RW 2 di Sekera, Tanjung uban Utara, beliau mengatakan perlu adanya kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi membersihkan lingkungan mereka dan tidak membuang sampah sembarangan, karena selain memperbaiki drainase dilingkungan Kelurahan sampah juga mengakibatkan aliran air jadi terhambat.

Bapak Januris, selaku ketua RT. 2/RW. 3 di Kelurahan Tanjung Uban Utara juga mengatakan hal serupa, beliau mengajak semua warga agar ikut peduli dengan kebersihan lingkungan tempat mereka tinggal, karena menurut beliau musibah itu dapat diminimalisir dampaknya apabila setiap individu sudah merasa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Bapak Rahmat Satari, selaku Kasi Kesos di Kelurahan Tanjung Uban Utara menyampaikan apresiasi dan terima kasih untuk semua pihak yang terlibat dalam kegiatan gotong royong , dan pihak Kelurahan akan terus membantu serta mengakomodir pelaksanaan gotong royong, agar dampak banjir dapat dihindari dan Kelurahan Tanjung Uban Utara dalam hal ini juga akan terus berusaha melakukan perbaikan drainase di seluaruh lingkungan Kelurahan.

Berita Terkait